Tentang Prodi PGSD

Kebutuhan guru pada jenjang sekolah dasar di tiap daerah berbeda-beda, meskipun demikian terdapat persamaan yang mendasari kebutuhan guru sekolah dasar yakni pendidikan sejak dini tidak bisa dihapuskan. Hal inilah yang menjadikan Program Studi PGSD perlu terus dikembangkan. Program Studi PGSD Institut Shanti Bhuana berada dalam Rumpun Ilmu Pendidikan dengan fokus mencetak para pendidik. Untuk menjadi pendidik yang berkompeten tidak hanya dibutuhkan kecerdasan kognitif saja melainkan kemampuan afektif dan psikomotorik harus berimbang. Untuk itulah Program Studi PGSD Institut Shanti Bhuana dirancang agar mampu menghasilkan pendidik yang tidak hanya mampu mengajar melainkan mampu mendidik siswa-siswa di tingkat sekolah dasar, dengan adanya penciri Institut yakni budaya Amare maka lulusan diarahkan memiliki karakter moral yang baik sesuai dengan nilai-nilai agama yang sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan. Selama proses pembelajaran, mahasiswa dilatih untuk mampu mengembangkan keterampilan dasar mengajar serta keterampilan untuk mengenal karakteristik peserta didik. Selain itu, juga dibekali dengan keterampilan pendukung lainnya seperti keterampilan bidang seni, olahraga, serta kemampuan dalam membimbing peserta didik baik dalam kemampuan kognitif, afektif, maupun psikomotoriknya.


Lulusan dari Program Studi PGSD dengan program sarjana pada Institut Shanti Bhuana akan mendapat gelar lulusan Sarjana Pendidikan (S.Pd). Sesuai dengan Undang-Undang No 20 Tahun 2003 bahwa penyelenggaraan pendidikan tinggi bertujuan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/ atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/ atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan/ atau kesenian. Mengacu hal tersebut maka Program Studi PGSD diselenggarakan untuk mencetak calon lulusan yang mampu menerapkan dan mengembangkan keilmuannya secara khusus di bidang pendidikan.


Sasaran Program Studi PGSD


  1. Akreditasi program studi;
  2. Kualitas lulusan yang dihasilkan teruji kompetensinya, baik secara intelektual maupun moral
  3. Publikasi hasil penelitian ilmiah yang memberikan kontribusi positif bagi kebutuhan pendidikan dan perkembangan pendidikan;
  4. Masyarakat memiliki pola pikir yang sistematis untuk berperan dalam kemajuan pendidikan sebagai dampak positif dari pemberdayaan serta pengabdia kepada masyarakat
  5. Tercipta susasana pembelajaran yang menyenangkan dan penuh sukacita di dalam program studi PGSD sebagai bentuk pengembangan materi ajar yang tepat guna.
  6. Tercipta jalinan kerja sama dengan sesama institusi maupun non lembaga perguruan tinggi

Profil Lulusan

Secara umum, profil lulusan PGSD diharapkan mampu melakukan fungsinya sebagai seorang pendidik dengan kemampuan merencanakan, melaksanakan, menilai, mengevaluasi pembelajaran, dan mengembangkan pembelajaran. Para lulusan diharapkan mampu memenuhi kewajiban serta mampu mengatasi setiap tantangan yang berkaitan dengan bidang di jenjang sekolah dasar baik di sekolah dan instansi pemerintahan. Untuk memperoleh profil lulusan yang ditargetkan maka para mahasiswa diberikan pembinaan integral baik dalam proses pendidikan dibangku perkualiahan maupun kehidupan berkomunitas di asrama serta konstribusi mahasiswa dengan masyarakat dalam mengembangkan kemampuannya.

Seluruh formasi ini diselenggarakan dengan tujuan agar para mahasiswa dapat mencapai profil lulusan sebagaimana tertulis sebagai berikut:


    1. Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Kandidat Tenaga Pendidik (PPG)

    1. Mampu merencanakan, melaksanakan, menilai, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan yang unggul dan berkarakter melalui penguasaan materi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu di jenjang pendidikan dasar dan pembelajarannya.
    2. Pendidik dan fasilitator pembelajaran kreatif, inovatif yang menguasai materi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

    2. Praktisi dan Konsultan Pendidikan di Sekolah Dasar

    1. Mampu berperan sebagai pembimbing, pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, pengembang media dan sumber belajar serta pendidik di jalur non formal setara Sekolah Dasar.
    2. Mampu mempersiapkan program-program, tata kelola, rancang bangun di bidang pendidikan (misalnya dalam pendirian Sekolah Dasar, dll)

    3. Peneliti dan Penulis di Bidang Pendidikan

    1. Pengkaji permasalah yang berkaitan dengan bidang Pendidikan Dasar, baik secara eksperimental dan/ studi literatur serta mempublikasikan hasilnya dalam forum maupun jurnal ilmiah atau buku.
    2. Pengembangan pendidikan atau pembelajaran di wilayah perbatasan melalui kegiatan penelitian yang dilakukan.

    4. Pendidik Holistik Integral

      Mampu menerapkan pendidikan Holistik Integral.

    5. Wirausaha di Bidang Pendidikan

      Mampu menyediakan alat bantu kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar, menyediakan kursus/bimbel di bidang pendidikan tingkat Sekolah Dasar.

    6. Inventor di Bidang Pendidikan

      Mampu menciptakan alat bantu kegiatan pembelajaran/media pembelajaran di Sekolah Dasar.

    7. Tenaga Pengembang Didaktis

      Mampu memberikan pelatihan didaktis di ranah korporasi, institusi-institusi privat maupun pemerintahan dan berbagai organisasi, kamar dagang, institusi keagamaan, amal, sosial, pariwisata, dan budaya.

    8. Tenaga Administrasi di Sekolah Dasar

      Mampu menguasai sistem infomasi di bidang pendidikan (misalnya menjadi operator sekolah, dll).