S1 - PGSD
Institut Shanti Bhuana

Mari bergabung bersama prodi PGSD

Profil

Program Studi Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar (PGSD) mempunyai visi pada tahun 2025 menjadi komunitas yang bersemangat dalam ilmu pembelajaran pendidikan dasar yang tepat ajar, tepat sasaran, tepat daya, dan penuh sukacita.

Misi dari Program Studi Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar (PGSD).

  • Menciptakan persekutuan komuniter yang dijiwai semangat toleransi, persaudaraan, dan saling mengasihi.
  • Membentuk insan-insan pendidik yang bermotivasi tinggi, antusias, dan bijaksana dalam mengembangkan ilmu pendidikan dasar melalui pelaksanaan catur dharma.
  • Mengembangkan terus-menerus ilmu pembelajaran pendidikan dasar efisien dan efektif (cost effective and resource efficient) dalam hal metode pembelajaran, maupun dalam evaluasinya.
  • Mengembangkan materi ajar, metode mengajar, dan sistem pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran yang minim beban dan sarat sukacita, baik bagi pendidik maupun peserta didik dalam pendidikan dasar.

Tujuan dari Program Studi Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar (PGSD).

  • Menghasilkan sebuah kelompok ataupun komunitas yang mempunyai rasa semangat untuk saling mengahargai, menghormati dan bertoleransi dalam konsep sebagai sebuah saudara yang akan saling mengasihi satu sama lainnya.
  • Mengentaskan ketertinggalan, kemiskinan, dan kebodohan masyarakat melalui pelaksanaan catur dharma: pengajaran, penelitian, pengabdian, dan budaya amare melalui pengembangan ilmu pendidikan dasar yang dijiwai motivasi tinggi, antusisa, dan sikap bijaksana.
  • Menghasilkan insan-insan intelektual yang berintegritas tinggi serta mempunyai daya saing yang tinggi pula dalam komitmen pengembangan ilmu pembelajaran pendidikan dasar yang efektif dan efisien (cost effective and resource efficient) serta malalui riset yang tepat guna.
  • Menciptakan suasana pemebelajaran dalam pendidikan dasar menjadi kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan penuh sukacita melalui pengembangan materi ajar, metode mengajar, dan sistem pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran berdasarkan analisis dan evaluasi kondisi dan peserta didik.

Sasaran dari Program Studi Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar (PGSD).

  • Akreditasi program studi.
  • Kualitas lulusan yang dihasilkan teruji kompetensinya, baik secara intelektual maupun moral.
  • Publikasi hasil penelitian ilmiah yang memberikan kontribusi positif bagi kebutuhan pendidikan dan perkembangan pendidikan.
  • Masyarakat memiliki pola pikir yang sistematis untuk berperan dalam kemajuan pendidikan sebagai dampak positif dari pemberdayaan serta pengabdia kepada masyarakat.
  • Tercipta susasana pembelajaran yang menyenangkan dan penuh sukacita di dalam program studi PGSD sebagai bentuk pengembangan materi ajar yang tepat guna.
  • Tercipta jalinan kerja sama dengan sesama institusi maupun non lembaga perguruan tinggi.

Kompetensi Lulusan

Profil lulusan Program Studi PGSD yang dijadikan dasar untuk penentuan kompetensi lulusan mahasiswa prodi PGSD Institut Shanti Bhuana.

Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar dan Kandidat Tenaga Pendidik (PPG)

  1. Mampu merencanakan, melaksanakan, menilai, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan yang unggul dan berkarakter melalui penguasaan materi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu di jenjang pendidikan dasar dan pembelajarannya.
  2. Pendidik dan fasilitator pembelajaran kreatif, inovatif yang menguasai materi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Praktisi dan konsultan pendidikan di sekolah dasar

  1. Mampu berperan sebagai pembimbing, pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, pengembang media dan sumber belajar serta pendidik di jalur non formal setara Sekolah Dasar.
  2. Mampu mempersiapkan program-program, tata kelola, rancang bangun di bidang pendidikan (misalnya dalam pendirian Sekolah Dasar, dll).

Peneliti dan penulis di bidang pendidikan

  1. Pengkaji permasalah yang berkaitan dengan bidang Pendidikan Dasar, baik secara eksperimental dan/ studi literatur serta mempublikasikan hasilnya dalam forum maupun jurnal ilmiah atau buku.
  2. Pengembangan pendidikan atau pembelajaran di wilayah perbatasan melalui kegiatan penelitian yang dilakukan.

Pendidik holistik integral

Mampu menerapkan pendidikan holistik integral.

Wirausaha di bidang pendidikan

Mampu menyediakan alat bantu kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar, menyediakan kursus/bimbel di bidang pendidikan tingkat Sekolah Dasar.

Inventor di bidang pendidikan

Mampu menciptakan alat bantu kegiatan pembelajaran/media pembelajaran di Sekolah Dasar.

Tenaga pengembangan didaktis

Mampu memberikan pelatihan didaktis di ranah korporasi, institusi-institusi privat maupun pemerintahan dan berbagai organisasi, kamar dagang, institusi keagamaan, amal, sosial, pariwisata, dan budaya.

Tenaga administrasi di sekolah dasar

Mampu menguasai sistem infomasi di bidang pendidikan (misalnya menjadi operator sekolah, dll).

Pendaftaran

PGSD merupakan jurusan pendidikan keguruan yang tidak hanya diajak belajar teori semata, namun lulusan PGSD lebih tahu bagaimana memahami karakter dan pengembangan kepribadian anak. Untuk itu mari bergabung bersama kami di Program Studi Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar (PGSD) Institut Shanti Bhuana.

Frequently Asked Questions

Mungkin anda bingung kenapa harus memilih jurusan PGSD.

 

Contact

Jalan Bukit Karmel No.1 Bengkayang 79211 Kalimantan Barat Indonesia.

Location:

Jalan Bukit Karmel No.1 Bengkayang 79211 Kalimantan Barat Indonesia

Call:

(+62) 822 5152 6665

Loading
Your message has been sent. Thank you!